Home » » Langkah-langkah SQ3R

Langkah-langkah SQ3R

Written By Unknown on Kamis, 02 Mei 2013 | 5/02/2013 07:27:00 AM

Pada postingan kali ini akan menulis tentang seputar SQ3R yang mungkin bermanfaat bagi anda yang jurusan bahasa indonesia, semoga fostingan ini bermanfaat selamat membaca.
SQ3R ialah teknik membaca pemahaman agar pembaca dapat menyerap isi bacaan dengan lebih sempurna.
SQ3R, merupakan kepanjangan dari 
S= survey , mengamati atau meneliti
Q=quetion = bertanya, pertanyaan
R=read, membaca
R=ricite, menceritakan
R=review, meninjau kembali
Langkah-langkah SQ3R
Survey => Yang dimaksud survey pada langkah pertama ini ialah meneliti bku yang akan dibaca, bagian buku yang perlu diteliti ialah :Judul buku dan sub judul, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel gambar, struktur buku atau organisasi buku, bab pertama sampai bab terakhir pada buku,grafik,bagan,diagram,gambar buku, daftar pustaka..
Cara meneliti buku tersebut dilakukan dengan membaca cepat atau membaca sekilas.

Question=> Yang dimaksud question ialah pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada waktu pembaca melakukan langkah pertama yaitu pertanyaan tentang :
Isi bacaan, contoh-contoh bacaan, penalaran bacaan,komponen-komponen yang melatarbelakangi bacaan, rangkuman pada bacaan, bobot pembahasan, ruang lingkup permasalahan dalam bacaan.

Read=> Yang dimaksud read ialah kegiatan membaca buku secara keseluruhan, dari bab pertama sampai bab terakhir.Proses membaca ini dilakukan secara cermat,teliti dan kritis.
Kgiatan membaca read, ini merupakan proses mencari jawaban atas pertanyaan (question) pada langkah kedua , diharapkan semua pertanyaan pembaca terjawab setelah ia membaca isi buku secara keseluruhan. Yang dilakukan pembaca dalam proses read ini ialah ; memahami topik-topik pada bacaan, gagasan utama dan gagasan penunjang, organisasi bacaan, kerangka bacaan, urutan atau pola urutan, bagian topik,subtopik, tema penunjang /tema bawahan.

Ricite=> Yang dimaksud ricite ialah menceritakan kembali bacaan yang telah dibacanya ; dalam hal ini ada dua langkah;
1. Jika pembaca dapat menceritakan kembali bacaan itu secara baik, maka ia dikatakan sebagai pembaca yang berhasil,. Pembaca yang berhasil itu dapat melanjutkan langkah tingkat review pada tahapan terakhir.

2. Jika pembaca tidak dapat menceritakan kembali bacaan yang telah dibacanya, maka ia dikatakan pembaca yang gagal. Pembaca yang gagal tidak diperkenankan melanjutkan ke langkah yang lebih tinggi. Pembaca ini mengulang pada langkah yang ke tiga (read).Demikian selanjutnya bagi pembaca yang mengalami kegagalan.

Review=> Yang dimaksud review ialah membaca ulang buku yang telah dibacanya, tujuan review ialah :
1. Membetulkan kesalahan yang dilakukan dalam ricite.
2. Mencocokkan kembali apa yang telah diingat dengan yang aslinya.
3. Membenahi ulang pada materi bacaan yang hilang dari ingatan pembaca.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita-NTB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger