Home » , , » Kerajinan Tempurung Kelapa Khas Lombok Dipatenkan Warga Prancis

Kerajinan Tempurung Kelapa Khas Lombok Dipatenkan Warga Prancis

Written By Unknown on Sabtu, 03 November 2012 | 11/03/2012 04:05:00 PM


MATARAM--Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Lombok Barat, Djoko Wiratno mengatakan kerajinan tempurung kelapa yang dibuat perajin di daerah ini telah dipatenkan oleh seorang warga Prancis. "Warga Prancis tersebut dulunya dikenal sebagai pembeli produk tersebut, namun kemudian dia mempatenkan produk perajin Lombok Barat itu," katanya di sela kegiatan "Sosialisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan Kehalalan Produk", di Mataram, Selasa.

Djoko menceritakan, informasi telah dipatenkannya kerajinan tempurung kelapa itu diketahui dari pembeli lainnya yang juga berada di Prancis."Kasus ini harus dijadikan pelajaran bagi semua pihak di daerah ini," katanya.

Ia mengatakan pelaku yang mematenkan kerajinan tempurung kelapa itu awalnya sudah lama menjalin kerjasama dengan perajin di beberapa sentra di Lombok Barat. Namun kontrak kerja sama tiba-tiba diputuskan oleh pembeli sehingga membuat perajin kelimpungan. "Pemerintah daerah mencarikan pembeli lain yang juga berasal dari Prancis, dan tertarik dengan kerajinan tempurung kelapa tersebut," ujarnya.

Menurutnya, setelah terjalin kerjasama, pembeli yang kedua baru menyadari bahwa kerajinan tempurung kelapa yang diimpor dari Lombok sudah dipatenkan di Prancis, sehingga dia harus membayar royalti kepada pembeli pertama yang dulu menjadi mitra perajin daerah ini.

Pemerintah berjanji mengambil langkah preventif dan berhati-hati dalam memfasilitasi perajin dengan pembeli sehingga pencaplokan komoditas kerajinan tempurung kelapa tidak menimpa produk kerajinan lain seperti gerabah banyumulek dan anyaman ketak.

Para perajin juga difasilitasi untuk mengajukan hak paten dari produk yang diciptakannya ke Direktorat Jenderal (Dirjen) HAKI. "Kami tidak pernah membayangkan bahwa pembeli akan mempatenkan produk kerajinan tempurung kelapa karena selama transaksi pengiriman barang sejak 1990-an tidak pernah ada masalah," ujarnya.

Redaktur: Siwi Tri Puji
Sumber: Ant/Republika
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berita-NTB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger